Monday, April 20, 2009

Nutricia


Ada iklan baru akhir-akhir ini yang cukup menarik perhatianku.
Nutricia semakin intens mempromosikan produk susu untuk bayi dan balita mereka yang sudah lama beredar di pasaran. Seperti, Nutrilon Royal.

Selama aku memberikan susu Nutrilon Royal untuk anakku, mulai dari Nutrilon Royal 1 sampai Nutrilon Royal 3, Nutricia termasuk produsen susu yang tidak terlalu banyak beriklan di televisi. Kalaupun ada, hanya muncul beberapa kali saja. Seperti hanya bertujuan untuk mengingatkan saja, karena mereka sudah yakin kalau produk mereka sudah diterima di pasaran dan memiliki konsumen sendiri.

Tapi yang kulihat akhir-akhir ini, ada perbedaan yang cukup terasa. Nutricia dengan rutin muncul di iklan televisi, bahkan di televisi kabel Indovision. Wah, ada sesuatu yang ingin diperkenalkan kembali rupanya. Ternyata tidak, mereka kembali intens beriklan ’hanya’ untuk menyegarkan kembali ingatan konsumen tentang Nutrilon Royal!

Menurutku, ini pasti ada hubungannya dengan menghilangnya Nutrilon Royal 3 dari pasaran baru-baru ini. Aku yakin, kalau ada banyak ibu-ibu di luar sana yang juga memutuskan untuk meninggalkan Nutrilon Royal, seperti yang juga sudah kulakukan. Dan ketika mereka menyadari hal ini, mereka berusa meraih kembali kepercayaan konsumen yang sudah hilang.

Kemarin aku baru melihat flyer yang dibuat oleh Hypermart. Mereka mengadakan diskon besar-besaran dimana Nutrilon Royal 3 juga termasuk sebagai item yang mendapat diskon. Harganya turun sekali. Biasanya, harga Nutrilon Royal 3 berkisar antara 149 ribu s/d 151 ribu untuk kemasan 800 gram. Tapi kali ini, banting harga menjadi hanya 108 ribu saja! Ditambah dengan hadiah lunch box jika membeli dua item sekaligus. Kentara sekali kalau ini adalah seperti usaha untuk menebus dosa!

Kalaupun mungkin ada juga para ibu yang mau kembali untuk menggunakan Nutrilon Royal 3, yang pasti tidak akan sebanyak dulu lagi. Hilangnya produk dari pasaran untuk jangka waktu yang lama rasanya cukup menggambarkan bagaimana tidak profesionalnya pihak Nutricia, baik itu dari segi produksi ataupun distribusi. Dan image ini tidak akan bisa dihapus dengan mudah.

Khususnya, bagi saya sendiri. Saya termasuk konsumen yang kecewa berat. Saking kecewanya, saya memutuskan untuk tidak kembali lagi menggunakan Nutrilon Royal 3! Mungkin saya jadi terlihat seperti seorang ibu yang pendendam. Tapi, menurut saya, wajar kalau konsumen meninggalkan produk yang tidak dikelola secara profesional. Apalagi ini adalah kategori susu untuk balita.

Toh masih banyak produk susu balita lain yang tak kalah berkualitas. Morinaga ChilMil Platinum 2 ini contohnya. Jadi, saya memutuskan untuk tetap menggunakan ChilMil Platinum 2 saja, biarpun harganya sedikit lebih mahal. Yang pasti, belum pernah hilang dari pasaran selama lebih dari sebulan!

No comments:

Post a Comment

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff